About

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (Akademis). Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Saat ini, TPA telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta maupun BUMN. Bahkan kenaikan jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga menyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan nilai skor tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3.

Tes TPA Online

Berawal dari keinginan untuk belajar dan lulus Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan oleh Bappenas, saya mencoba mengembangkan aplikasi yang bisa membuat saya 'betah belajar'. Kebetulan saya memiliki sedikit kemampuan dan ingin berbagi maka muncullah ide untuk mengembangkan Aplikasi Tes TPA Online ini.

Bentuk soal yang dihadirkan disini berasal dari berbagai sumber yang dibagi menjadi beberapa kategori. Pertanyaan disusun sesuai dengan komposisinya, sedangkan untuk jawaban sengaja diacak. Hal tersebut dimaksudkan agar kita dapat memahami dan tidak sekadar menghapal jawaban karena setelah melakukan tes akan ditampilkan kunci jawaban. Namun lebih disarankan untuk tidak segera melihat kunci jawaban jika kita baru sekali melakukan tes.

Aplikasi ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, saya menerima saran yang membangun dari sobat semua untuk kemajuan kita bersama. Untuk memberikan testimoni, saran dan komentar silahkan kunjungi halaman ini.

Terimkasih.

 

M. Iqbal Parabi